Thursday, 12 August 2010

Go Green di Kantor? Bisa kok...

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di kantor maupun di rumah untuk membuat kita lebih green-care. Hal-hal kecil namun bernilai besar, sedikit tapi bermakna banyak. Apa saja itu? Mari kita simak.

1. Mengurangi pemakaian kertas (paperless).
Nggak make kertas, gitu?! Surat dan dokumen kan harus dicetak?! Hehe, nggak melulu seperti itu kok. Kita kan bisa memakai softcopy dokumen tersebut atau cukup mengurangi pemakaian kertas yang baru (dan menggantinya dengan kertas bekas) untuk mencetak hal-hal yang sekiranya kurang penting, semisal konsep surat, konsep dokumen, dan konsep-konsep lain. Satu usul lain, menggunakan format dupleks (cetak bolak-balik) untuk dokumen-dokumen resmi demi mengurangi penggunaan kertas.

2. Mengurangi pemakaian alat elektronik (electroless).
Menyetel komputer pada posisi shutdown (atau minimal stand by) ketika tidak akan menggunakan perangkat merupakan satu tindakan yang bijaksana. Selain menghemat listrik, komputer yang dinonaktifkan tidak akan mengeluarkan panas. Tentu saja hal ini akan membantu menyejukkan suhu di ruangan kita. So, biar suhu ruangan selalu stabil dan kita nggak ngomel-ngomelin AC yang nggak dingin, matikan alat elektronik yang nggak terpakai.

3. Memanfaatkan fasilitas digital.
Menggunakan email dan online-messenger merupakan satu bentuk aplikasi green ICT. Jamak bin lumrah kita lebaran mengirim ucapan selamat dengan sms, bukan lagi kartu lebaran. Begitu juga ketika surat undangan rapat beralih rupa dari selembar kertas menjadi sebuah teks yang dikirimkan melalui SMS, rasanya itu akan lebih cepat sampai, membantu menghemat kertas, dan menghemat tenaga office boy buat mengantar itu undangan lantai per lantai. Sejalan dengan UU ITE yang sudah berlaku, saya berandai-andai nanti nota dinas dan surat tugas dilegalkan berwujud dokumen softcopy. :)

No comments:

Post a comment