Thursday, 12 August 2010

Asal Usul Bodoh (edisi II)

Oke, ini edisi dua, kelanjutan dari edisi pertama (ya iya lah... ). Let's see what we have! :D

Selain nama negara, pengaruh Indonesia juga sampai di dunia literatur.

Dalam bahasa Inggris, kata the last (terakhir), juga mendapat serapan dari bahasa Indonesia. Ketika dark age (masa kegelapan), seorang penjelajah dari Inggris sampai di tanah Skandinavia. Karena kelaparan, dia meminta makan kepada penduduk lokal, kebetulan masih kerabat Nur dan Wagio. Karena tidak paham bahasa, maka dia berkomunikasi dengan isyarat.
Si tuan rumah paham maksudnya, dan dia menyuguhkan sepotong roti seraya berkata, "monggo. Nuwun sewu, kantun setunggal, sampun telas (silakan. Maaf tinggal sepotong, sudah habis)". Karena bingung dan kelaparan, sang penjelajah berpikir keras dan terbata berkata, "the... las?" Sambil tersenyum tuan rumah membalas, "nggih, telas (ya, sudah habis)". Si penjelajah mengambil roti yang diberi sambil mengulang kata "the las... the las... yes, yes, the last. Thank you. Its the last..." dan berpikir bahwa itu adalah roti terakhir yang dipunyai tuan rumah. Sejak kesalahpahaman itu, kata telas (habis) kini bergeser menjadi the last (terakhir).

Penamaan sepeda onthel, juga tak lepas dari bahasa kita. Ketika prototype sepeda dikenalkan di Perancis, penemu sepeda ingin memberi nama temuannya ini dengan nama yang unik. Lalu dia menemui koleganya, seorang sastrawan, untuk membantunya. Sastrawan baik hati ini lantas meminta sang penemu memeragakan bagaimana dia mempergunakan temuannya. Ketika menyaksikan peragaan itu, sang sastrawan menemukan nama yang cocok. Nama tersebut terdiri dari dua kata dua bahasa, Inggris dan Jawa. Nama itu adalah by-sikil yang berarti dengan kaki (by-Ing: oleh, dengan) (sikil-Jawa: kaki) karena temuan itu digerakkan oleh kaki. Disebabkan pergeseran ucapan dan rasa bahasa-lah, kini kata itu kita kenal sebagai bicycle.

Sedangkan untuk kata erotis, atau dalam bahasa Inggris erotic, kuat dugaan saya jika kata ini diambil dari seorang tokoh Indonesia yang tersohor di dunia alat vital dari Sukabumi yang tak lain adalah Mak Erot...


masih tetep berlanjut... :D

No comments:

Post a comment